Manfaat google classroom

Google Classroom adalah sebagai salah satu aplikasi yang berbasis pendidikan, tentunya sangat membantu jalannya proses belajar dan mengajar. Apalagi kita seorang guru pastinya jangan sampai ketinggalan jaman untuk memanfaatkan ini.  Google classroom ini sangat bermanfaat bagi pendidikan dalam menghadapi kemajuan teknologi dan informasi. Meskipun banyak metode dalam guru mengajar namun tidak semua guru menghadapai permasalahan siswa yang sama. Dengan banyak metode juga belum tentu bisa memaksimalkan proses pembelajaran yang terjadi maka dari itu guru harus berbagai macam cara dan pengetahuan jangan sempit sekali dan terlebih tidak boleh gaptek. Manfaat dan keuntungan dari adanya google classroom tentunya banyak sekali.
  1. Sebagai sarana memperlancar komunikasi antara siswa dengan guru atau dosen.
  2. Aplikasi ini juga berguna untuk siswa belajar, menyimak, membaca, mengirim tugas, dari jarak jauh.  Kita sebagai pelajar, smartphone atau handphone kita jangan hanya diisi dengan game permainan dan media sosial. Usahakanlah Smartphon atau handphone kita berguna terhadap proses belajar kita.
  3. Membuat proses setting yang cepat dan nyaman. Guru tinggal mengakses aplikasi Google Classroom serta bisa memulai membagikan tugas-tugas dan bahan ajar. Guru juga mudah melakukan dengan menambahkan daftar siswa yang memungkinkan akses ke kelas pada Google Classroom. Google Classroom lebih sederhana dan mudah untuk digunakan.
  4. Untuk menghemat waktu . Peserta didik tidak lagi harus men-download tugas yang diberikan guru. Guru pun tinggal membuat dan mendistribusikan dokumen untuk peserta didik mereka secara online. Guru juga dapat menentukan peringkat, memberikan umpan balik untuk semua tugas dan melakukan penilaian menggunakan aplikasi Google Classroom. Dengan demikian, ada potensi untuk menghemat sebagian besar waktu bagi keduanya, baik peserta didik maupun gurunya. Semuanya serba enak dan praktis menggunakan Google Classroom ini. 
  5. Untuk meningkatkan kerjasama dan komunikasi. Salah satu manfaat paling penting dari menggunakan Google Classroom adalah sangat dimungkinkan untuk melakukan kolaborasi online yang efisien. Guru dapat mengirimkan pemberitahuan ke peserta didik mereka untuk memulai diskusi online atau memberitahu mereka tentang kegiatan pembelajaran online tertentu. Di sisi lain, peserta didik memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik kepada rekan-rekan mereka dengan posting langsung ke aliran diskusi di Google Classroom. Maka jika mereka membutuhkan bantuan karena kesulitan memahami suatu tugas atau ingin mempelajari lebih lanjut tentang topik tertentu, mereka bisa mendapatkan masukan langsung dari teman sekelas mereka. Pada dasarnya, Google Classroom meningkatkan aspek pembelajaran sosial pendidikan online, yang memungkinkan peserta didik untuk mendapatkan keuntungan dari pengalaman dan keterampilan rekan-rekan mereka.
  6. Dokumen atau tugas yang ada juga akan aman dan tidak akan hilang.
  7. Untuk berbagi sumber daya yang sangat cepat.  Fasilitator online/guru dan pelatih memiliki kekuatan untuk berbagi informasi dan sumber daya online dengan peserta didik mereka langsung. Adanya Google Classroom sebagai aplikasi Android khusus untuk dunia pendidikan sangat mendukung terhadap kegiatan belajar dan mengajar. Aplikasi Google Classromm ini juga menciptakan folder drive atau penyimpanan agar tidak hilang datanya  untuk setiap tugas siswa. 
Namun kekurangan aplikasi berbasis pendidikan ini. Menuntut setiap siswa harus punya laptop, tablet, smartphon, dan gadget yang mendukung terhadap fitur google classroom. Kalau anda tidak memilikinya, maka terpaksa harus pergi kewarnet. Sebagai seorang guru, sebaiknya pertimbangkan lebih matang untuk menerapkan metode  mengajar dengan google classroom. Karena tidak semua siswa memiliki laptop atau android dan lainnya.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegunaan dan Manfaat Kahoot

Mengapa anak-anak muda tidak lagi menonton televisi